Inhutani III Uji Coba Penanaman Kayu Putih di Lahan Gambut

SAMPIT, PT INHUTANI III (05/04/2022) │Inhutani III melakukan uji coba penanaman Kayu Putih dalam sekala kecil sebanyak 3.000 pohon pada lahan gambut dengan pola Pengolahan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) yang berlokasi di Desa Bagendang, Kecamatan Bagendang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa (05/04).

Dalam kesempatannya Direktur Inhutani III, Hezlisyah Siregar mengatakan bahwa sangat mendukung uji coba penanaman kayu putih tersebut karena kebutuhan nasional akan minyak kayu putih yang sangatlah tinggi, sehingga masih sangat potensial untuk dikembangkan.

“Penanaman kayu putih skala besar sudah dimulai di Kalimantan Selatan, dan semoga di provinsi Kalimantan Tengah bisa segera menyusul,” ujarnya.

Menurut General Manager Inhutani III di Kalimantan Tengah, Soleh Nurochman menyampaikan apabila pengembangan penanaman kayu putih dengan skala kecil di lahan gambut dapat dikembangkan, maka diharapkan masyarakat bisa mengelola dan memproduksi sendiri daun kayu sehingga diharapkan bisa tumbuh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pengolahan hasil dari kayu putih.

“Uji coba penanaman kayu dilakukan karena dianggap paling ampuh untuk menekan angka kebakaran hutan di Kalimantan Tengah yang memiliki lahan gambut yang luas. Penanaman di lahan gambut menjadi percontohan bahwa kayu putih dapat dikembangkan di lahan gambut dengan sistem pengolahan lahan tanpa bakar (PLTB) sehingga masyarakat sejahtera, hutan areal kerja Inhutani III terjaga,” pungkasnya. (Kom-INH3/SN).

Editor : Ywn

Copyright©2022