CEGAH KARHUTLA, INHUTANI III KALSEL MEMBUAT SEKAT BAKAR DI KABUPATEN TANAH LAUT

PELAIHARI, PT INHUTANI III (12/08/2021) | Inhutani III Kalimantan Selatan membuat sekat bakar untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada areal proyek rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) Blok Sabuhur, Kabupaten Tanah Laut, Selasa (11/08).

Di tempat terpisah, Direktur Inhutani III, Hezlisyah Siregar menyampaikan apresiasi kepada Manager Inhutani III Unit Pelaihari yang telah membuat sekat bakar karena merupakan salah satu langkah mitigasi risiko terhadap karhutla.

“Semoga karhutla tahun ini dapat dicegah dan terkendali, khususnya areal proyek rehabilitasi DAS IPPKH Blok Sabuhur karena kita telah membuat sekat bakar”, ujarnya.

Manajer PT Inhutani III Unit Pelaihari, Murjadianto menyampaikan bahwa sebagai langkah antisipasi terjadinya karhutla tahun ini pada areal proyek rehabilitasi DAS IPPKH Blok Sabuhur, Inhutani III Kalimantan Selatan membuat sekat bakar sepanjang ±780 meter yang membatasi areal proyek dengan lahan masyarakat yang digunakan untuk penggembalaan ternak (sapi dan kerbau).

“Kebiasaan masyarakat Kalimantan Selatan yang menggembalakan ternaknya di areal terbuka (tanpa kandang) sudah dilakukan turun temurun, untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak tersebut di alam terbuka masyarakat biasa melakukan pembakaran lahan di musim kemarau agar saat musim hujan tiba diharapkan tumbuh rumput-rumput segar. Agar api tidak menjalar ke wilayah hutan, kami melakukan antisipasi,” terangnya. (KOM-INH3/YY).

Editor : Ywn

Copyright©2021