INHUTANI III BERSAMA KTH LAKUKAN PENGENDALIAN HAMA & PENYAKIT TANAMAN JAGUNG

PELAIHARI, INHUTANI III (28/5/2021) | Dalam rangka meningkatkan produktivitas tanaman jagung pada kawasan areal Inhutani III Unit Pelaihari Kalimantan Selatan yang dikelola oleh Kelompok Tani Hutan (KTH) Wana Kencana, Inhutani III Manajemen Hutan Tanaman Industri (HTI) Pelaihari melakukan pengawasan dan bimbingan teknis (27/5).

Saat ini, tanaman jagung yang ditanam oleh KTH Wana Kencana seluas 60 hektar memasuki umur satu setengah bulan dimana aktivitas pengendalian hama dan penyakit sedang dilakukan oleh para petani dengan pengawasan dan bimbingan Inhutani III, yang ditangani langsung oleh Manager HTI Pelaihari Murjadianto. Diharapkan dalam waktu satu setengah bulan kedepan dapat dipanen dengan hasil yang memuaskan.

Kehidupan tanaman dipengaruhi oleh faktor essensial (cahaya, air  dan unsur hara) dan faktor pengganggu (hama dan penyakit).  Pada tanaman semusim seperti jagung rentan terhadap serangan hama yang dapat menyebabkan gagal panen apabila tidak dikendalikan.

Direktur Inhutani III Hezlisyah Siregar pada kesempatan terpisah menyampaikan bahwa pengendalian hama dan penyakit ini wajib dilakukan agar masyarakat sekitar hutan areal kerja Inhutani III Unit Pelaihari dapat menikmati hasil panen yang memuaskan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Masyarakat sekita hutan sejahtera, hutan terjaga”, ujarnya (KOM-INH3/DP).