Inhutani III Ikuti Rakornis Pilot Project Pengelolaan HTI dan Pemanfaatan Biomass Kalbar

JAKARTA, INHUTANI III (08/05/2021) │ Inhutani III mengikuti Rakornis Persiapan Pilot Project Pengelolaan Hutan Tanaman Industri (HTI) dan Pemanfaatan Biomass Kalimantan Barat yang dihelat oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan  Investasi (Kemenko Marives) Republik Indonesia, Jumat (07/05).

Acara Rakornis dilaksanakan secara zoom meeting, dihadiri oleh Direktur Usaha Hutan Produksi dan Direktur Pemasaran dan Pengelolaan Hasil Hutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), General Manager PLN UIW Kalimantan Barat, Direktur Eksekutif APHI dan Dewan Pengawas APHI, Masyarakat Energi Biomassa Indonesia (MEBI), PT Meranti Laksana.  Pada acara ini  Inhutani III menyertakan Kepala Divisi Operasi, Dedi Irawanto.

Asisten Deputi Pengelolaan Produk Kehutanan dan Jasa Lingkungan Kemenko Marives Farianna Frabandari dalam sambutannya mengatakan pemerintah akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTB) di Kalimantan Barat untuk mengatasi defisit listik yang ada

“Karena saat ini Kalimantan Barat mengandalkan pasokan listrik dari Sarawak Malaysia untuk memenuhi defisit listrik tersebut.” lengkapnya.

Dedi Irawanto dalam tanggapannya menjelaskan bahwa keberhasilan project tersebut dapat terjadi bila ada integrasi hulu dalam hal ini PT. Inhutani III sebagai sumber bahan baku energi PLTB, dengan hilir yaitu PLN sebagai pemilik PLTB yang akan menerima pasokan bahan baku energi. Selain itu, pembangunan PLTB harus mempertimbangkan jarak angkut dari lokasi penyedia bahan baku karena biaya angkutan merupakan salah satu komponen biaya yang sangat signifikan.

Di tempat terpisah, Direktur Inhutani III Hezlisyah Siregar menyampaikan bahwa Inhutani III akan mendukung program pemerintah sebagai penyedia bahan baku biomassa di Kalbar karena dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) telah dicanangkan pembangunan HTI untuk tanaman energi,  selain tanaman kayu putih dan tanaman pinus.

“Areal Inhutani III Kalbar siap untuk mengembangkan tanaman energi dengan dukungan investor pembangunan HTI”, ujarnya. (KOM-INH3/YY)

Editor : Ywn

Copyright©2021