Bersiap Sadap Getah Karet di Kabupaten Tanah Laut, Inhutani III Jalin Kerjasama Kemitraan

PELAIHARI, INHUTANI III (23/04/2021) | Inhutani III melakukan persiapan penyadapan getah karet kemitraan di areal Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Hutan Tanaman (IUPHHK-HT) Unit Pelaihari di Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (22/4).

Inhutani III melakukan kerjasama kemitraan dengan perusahaan lokal dalam mengoptimalkan areal di Kalimantan Selatan. Strategi ini dilakukan perusahaan agar areal yang ada bisa cepat ditanami dan menghasilkan dengan komoditas unggul.  Salah satu mitra kerja Inhutani III yaitu PT Raja Anugerah Sejahtera Utama (RASU)  telah melakukan penanaman karet sejak tahun 2016 dan pada tahun ke-5 (2021) direncanakan mulai disadap getahnya.

Hingga saat ini kegiatan penanaman karet masih terus berlangsung. Pada tahun ini terdapat 160 hektar tanaman karet yang telah siap sadap berumur 5 tahun dengan lilit batang >40 cm. Perencanaan penyadapan getah karet diawali dengan pembuatan atau pencetakan bidang sadap, yaitu membuat mal sadapan dibatang pohon dengan tinggi ±130 cm dari pangkal batang, melingkar setengah batang dengan arah sudut 400 dari kiri atas ke kanan bawah. Persiapan penyadapan dengan membuat bidang sadap ini penting dilakukan merupakan dasar dari manajemen kulit pada tanaman pohon karet. Kegiatan ini langsung diawasi oleh Manager Inhutani III Pelaihari, Murjadianto.

Direktur Inhutani III, Hezlisyah Siregar di tempat terpisah menyampaikan perhatian yang besar terhadap kegiatan perencanaan penyadapan tersebut.

“Perencanaan yang tepat akan menjadi modal dasar atas keberhasilan produksi getah karet, untuk itu agar jajaran Inhutani III dengan mitra fokus terhadap pembuatan mal bidang sadap karet yang akan dipanen”.

Lebih jauh Hezlisyah menekankan kepada jajaran General Manager (GM) Kalimantan Selatan dan Manager Pelaihari agar selalu meningkatkan koordinasi dengan memberikan bimbingan teknis dan pengawasan kepada mitra kerja. (Kom-INH3/DPN)

Editor : Ywn

Copyright©2021