• Kembangkan Kebun Karet 20.000 Ha

    JAKARTA – PT Inhutani III (Persero) berencana mengembangkan perkebunan karet seluas 20.000 hektare di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat.

    Bambang Widyantoro, Direktur Utama Inhutani III, menuturkan selain hutan tanaman industri (HTI) kayu, perseroan juga tengah mengembangkan perkebunan karet.

    “Kami juga buka perkebunan karet karena karet itu tidak ada yang bisa substitusi 100%. Jadi harganya tidak akan terlalu jatuh,” ujarnya di Kementerian Kehutanan, Sabtu (24/8/2013).

    Inhutani III berencana membangun HTI karet seluas 20.000 ha di sejumlah wilayah di Kalimantan. Adapun saat ini perseroan tengah mengurus izin hak guna usaha untuk perkebunan karet. Perkebunan karet telah dilakoni Inhutani III sejak 2003 lalu.

    “HGU karetnya lagi diurus. Yang sudah tanam, itu seluas 2.000 ha,” kata Bambang.

    Tahun ini, perusahaan berencana menggarap 1.000 ha kebun karet. Dengan penambahan tersebut, perseroan telah menggelontorkan Rp15 miliar untuk investasi HTI karet.

    Adapun produksi karet Inhutani III baru mencapi 20 ton/bulan. Tak hanya memproduksi bahan baku, Inhutani III juga berencana membangun pabrik pengolahan karet pada 2017.

    “Kita juga mau bangun pabrik pengolahan dengan kapasitas 30.000 ton/tahun. Bahan bakunya dari kebun sendiri dan dari kebun rakyat,” ungkapnya.

    sumber : bisnis.com (24 agustus 2013)

    Post Tagged with , ,