• PT. Sritex – PT. Inhutani III Tingkatkan Kerja Sama

    UGM, PT. Sri Rejeki Isman, Tbk (Sritex) dan PT. Inhutani III menjalin kerja sama di bidang Pembangunan Hutan Tanaman Industri dan Pemanfaatan Hasil Hutan di Lingkup Wilayah PT. Inhutani III. Bentuk kerjasama diwujudkan melalui penandatanganan kerja sama yang melibatkan tiga pihak masing-masing diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni UGM, Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D, Direktur Sritex Nasir Tamara Tamimi dan Direktur Utama PT. Inhutani III, Bambang Widiantoro. Acara dihadiri oleh Presiden Direktur PT. Sritex, Iwan Setiawan Lukminto dan Komisaris Independen, Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D.

    Sebelum acara penandatanganan naskah kerja sama, Presiden Direktur PT. Sritex, Iwan Setiawan Lukminto mengatakan kerja sama dengan UGM cukup strategis khususnya dalam peningkatan SDM dan riset. Apalagi saat ini Sritex juga tengah fokus pada pengembangan tanaman eucalyptus sebagai bahan rayon untuk bahan tekstil.

    “Sritex butuh profesional terbaik di bidang riset. Kerja sama dengan UGM mudah-mudahan bisa ikut meningkatkan profesionalisme SDM kita,”kata Iwan, Jumat (26/7) di R. VIP Sritex, Sukoharjo, Jawa Tengah.

    Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni UGM, Prof. Ir. Dwikorita Karnawati mengaku bangga dengan kepercayaan yang diberikan Sritex kepada UGM. Selama ini UGM juga banyak belajar dari dunia industri dan swasta terutama dalam meminimalkan sistem birokrasi.

    “Kadang kita terbentur dengan berbagai peraturan. Sehingga kerja sama dengan industri atau swasta memberi pelajaran bagaimana meminimalkan birokrasi agar tidak terlalu panjang,”kata Dwikorita.

    Kerja sama dengan Sritex, kata Dwikorita, sejalan dengan program UGM untuk mengembangkan usaha melalui riset industri yang produknya bisa terdistribusi kepada masyarakat. Beberapa riset unggulan UGM itu antara lain di bidang agroteknologi dan pangan, energi terbarukan, alat-alat kesehatan hingga ketahanan pangan.

    “UGM juga punya PT. Gama Multi Usaha Mandiri sehingga bisa mengembangkan usaha dengan lebih leluasa,”tuturnya.

    Sementara itu Direktur Utama PT. Inhutani III, Bambang Widiantoro mengatakan siap mendukung Sritex bersama UGM mengembangkan kebutuhan sandang di Indonesia. Inhutani III yang memiliki luas areal 190 ribu hektar itu telah mengembangkan beberapa produk olahan dari kayu, methanol dan hidrogen.

    “Setelah beberapa produk itu kita akan mulai kembangkan eucalyptus seperti harapan Sritex,”kata Bambang.

    Usai penandatanganan naskah kerjasama acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan mengunjungi Gedung Serbaguna yang menampilkan koleksi pakaian seragam militer buatan Sritex yang telah tersebar di 30 negara.

    sumber : http://ugm.ac.id (26 juli 2013)

    Post Tagged with ,