• Sekilas Tentang HARI HUTAN INTERNASIONAL

    Beberapa waktu yang lalu sebagian dari kita sempat membaca poster atau pemberitaan mengenai adanya peringatan Hari Hutan Internasional, sesuatu yang nampak atau terdengar asing terutama bagi rimbawan purna tugas yang kurang mengikuti perkembangan, tetapi mungkin juga bagi rekan rimbawan yang di daerah yang masih bertugas sekalipun.

    Yang lazim atau biasa dikenal ialah hari Kehutanan, Hari Bhakti Kehutanan yang telah diubah menjadi Hari Bhakti Rimbawan yang diperingati pada tanggal 16 Maret setiap tahunnya.

    Untuk sekilas memberikan gambaran tentang Hari Hutan Internasional penulis telah mencoba mencari bahan dari sumber yang layak dipercaya yaitu dari Panitia Hari Hutan Internasional 2014 Kementerian Kehutanan dalam hal ini dimotori oleh Pusat Kerjasama Luar Negeri Kementerian Kehutanan yang secara ringkas dapat dinarasikan sebagai berikut ini.

    Dari dasar pelaksanaan peringatan Hari Hutan Internasional adalah Resolusi atau Ketetapan yang diambil oleh Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa No 67/200 tentang Hari Hutan Internasional yang isinya secara garis besarnya adalah :

    • Mengingat/menarik kembali resolusi PBB 61/193 tanggal 20 Desember 2006 untuk Hari Hutan Internasional 2011.
    • Mencatat sumbangan/kontribusi yang bermanfaat dari tindakan/aksi-aksi nasional, regional dan internasional selama Tahun Internasional untuk meningkatkan kesadaran pada semua tingkatan agar supaya memperkuat pengelolaan berkelanjutan, konservasi dan pembangunan berkelanjutan dari semua jenis hutan dan pohon-pohon di luar hutan untuk kemanfaatan bagi generasi sekarang maupun yang akan datang.
    • Mempertimbangkan bahwa terdapat tanggal yang sekarang ini ada walau tidak mendunia diakui sebagai tanggal untuk memperingati, melaksanakan kegiatan bagi dan meningkatkan kesadaran terhadap hutan dan pengelolaan hutan lestari diluar Hari Internasional.
    • Mengakui banyak hari-hari dan peristiwa internasional yang ada secara regional, nasional dan subnasional yang mendunia yang merayakan dan menghormati semua jenis hutan dan pohon-pohon di luar hutan.
    • Mencatat laporan dari FAO-PBB pada sidang ke 37 dan menarik kembali keputusan Dewan Ekonomi dan Sosial 2011/250 tanggal 27 Juli 2011.
    • Menegaskan lagi Resolusi Dewan Ekonomi dan Sosial 1980/67 tanggal 25 Juli 1980 tentang tahun-tahun dan ulang tahun internasional dan resolusi Sidang Umum PBB 53/199 tanggal 15 Desember 1998 dan 61/185 tanggal 20 Desember 2006.
    • Mencatat bahwa negara-negara anggota FAO-PBB pada sidang ke 16 Konferensi Organisasi yang diselenggarakan dari tanggal 6 hingga 25 Nopember 1971, meyongsong pembentukan/pendirian Hari Kehutanan Sedunia pada tanggal 21 Maret setiap tahunnya.
    1. Memutuskan untuk memproklamasikan tanggal 21 Maret setiap tahunnya menjadi/sebagai Hari Hutan Internasional berlaku mulai tahun 2013, agar supaya menyelenggarakan dan meningkatkan kesadaran atas pentingnya keberadaan semua jenis hutan dan pohon-pohon diluar hutan.
    2. Mengundang/meminta semua Negara anggota PBB untuk mencurahkan perhatiannya terhadap hari Hutan Internasional sebagai konteks yang sesuai untuk penyajian dan promosi kegiatan nyata dengan perhatian terhadap semua jenis hutan dan pohon-pohon diluar hutan.
    3. Mendorong semua Negara anggota PBB untuk mengorganisasikan kegiatan-kegiatan yang terkait dengan semua jenis hutan dan pohon-pohon diluar hutan, seperti kampanye penanaman hutan pada waktu-waktu yang sesuai dengan Negara masing-masing.
    4. Meminta Sekretariat Forum tentang Hutan dari PBB bekerjasama dengan FAO, sadar akan ketentuan/ketapan yang berkaitan dengan resolusi Dewan Ekonomi dan Sosial 1980/67, untuk memfasilitasi pelaksanaan Hari Hutan Internasional bekerjsama dengan Pemerintah, Kerjasama Kemitraan untuk hutan dan organisasi dan proses-proses maupun kelompok-kelompok penting yang relevan yang bersifat internasional, regional dan subregional, menekankan bahwa biaya dari semua kegiatan tersebut yang timbul dari pelaksanaan resolusi harus dicukupi dari sumbangan sukarela mengacu kepada kelayakan dan ketentuan sumbangan sukarela untuk tujuan khusus dan dalam kaitan ini meminta Sekretaris Jendral untuk mengajukan kepada Majlis Umum pada sidangnya yang ke 17 , suatu laporan yang fokus dan ringkas mengenai kegiatan yang dihasilkan dari pelaksanaan resolusi terkini yang menguraikan evaluasi Hari Hutan Internasional.

    Pertemuan lengkap (plenary meeting) ke 61 tanggal 21 Desember 2012

    Demikianlah penetapan PBB yang mengikat seluruh Negara anggota tentang Hari Hutan Internasional tanggal 21 Maret yang secara kebetulan sekali berdekatan dengan Hari Bakti Rimbawan tanggal 16 Maret (hanya beda 5 hari) sehingga dalam memperingati /menyambut peringatan Hari Hutan Internasional (HHI) program kegiatannya dapat disinkronkan denagn Hari Bhakti Rimbawan (HBR).

    Untuk memperingati HHI tahun 2014 Kementerian Kehutanan telah menggariskan arah kegiatan sebagai berikut :

    1. Aksi menanam nasional HHI

    Kementerian Kehutanan melakukan himbauan kepada masyarakat melaui televisi dan radio untuk melakukan penanaman pohon secara serentak pada tanggal 21 Maret 2014 dengan bibit gratis yang disediakan oleh 50 Balai Pengelolaan DAS dan Balai Pembenihan Tanaman Hutan seluruh Indonesia. Aksi menanam tersebut dapat disertakan dalam lomba foto HHI 2014.

    1. Penanaman pohon di Jakarta dilaksanakan di Cibinong pada tanggal 12 Maret 2014 menyatu dengan penanaman dalam rangka HBR 2014. Menteri Kehutanan memimpin acara dan mengundang berbagai pemangku kepentingan termasuk Duta Besar Negara Sahabat dan Pemimpin Organisasi Internasional yang berada di Jakarta.
    2. Pameran HHI 2014

    Diselenggarana satu stan HHI pada acara resepsi HBR di Auditorium Manggala Wana Bhakti pada tanggal 17 Maret 2014.

    1. Iklan televisi dan Radio

    Hal tersebut disiarkan sebelum tanggal 21 Maret 2014 guna menyebarluaskan informasi HHI 2014 beserta rangkaian acara perayaan nasional. Ini diharapkan dapat menstimulasi aksi penanaman nasional pada tanggal 21 Maret 2014 dan partisipasi pada lomba foto HHI, di samping perayaan HHI di lingkup lembaga dan kelompok masyarakat masing-masing.

    1. Lomba foto melakui facebook

    Lomba foto akan dilakukan melaui facebook dengan dua tema. Lomba dengan tema Hutan Kita Masa Depan Kita berlangsung dari tanggal 14-15 Maret 2014 dan tema Aksi Menanam HHI 2014 tanggal 21-25 Maret 2014.

    Penulis  : Ir. Slamet Soedjono, MBA

    Sumber : Majalah RIMBA INDONESIA VOLUME 53, JUNI 2014 halaman 27-28

    Post Tagged with